Senin, 10 September 2012

Mendeteksi dan Mencegah Sinusitis, Begini Kiatnya


Apa sebenarnya fungsi sinus? Ada banyak versi. Sinus disebut sebagai pengatur suhu udara masuk, juga berfungsi menjaga kelembaban. Fungsi lainnya sebagai pengatur resonansi suara, hingga untuk meringankan kepala atau membantu keseimbangan kepala. ''Tapi sampai sekarang fungsinya masih diragukan,'' kata dokter Risman, SpTHT. Meski begitu, bukan berarti kita harus menafikan sinus. Apalagi mengingat ia bisa terhinggap penyakit. Lantas, bagaimana kita tahu bahwa kita menderita sinusitis?

Risman mengingatkan, seseorang yang menderita pilek renitis kronis harus waspada. ''Kalau sudah kronis, harus dilihat, apakah itu karena alergi atau infeksi,'' tambahnya. Gejala alergi adalah bersin atau hidung mampet jika bersinggungan dengan sumber alergi. Menurutnya, jika pilek sudah kronis atau menahun, disertai sakit kepala, lesu, atau ada bau pada tercium hidung, harus diwaspadai. Pasalnya, banyak yang tidak mafhum. Dan kalaupun pergi ke dokter, lebih memilih dokter umum.

Hal-hal apa lagi yang perlu diperhatikan seputar sinusitis? Simak beberapa tips dari Risman berikut ini.

* Jika merasakan gejala-gejala di atas, sebaiknya menemui dokter spesialis THT. Dokter akan melakukan rontgen 
pada sinus. Jika terlihat ada bagian putih pada sinus, bisa jadi merupakan sinusitis.

* Deteksi dini yang paling mudah adalah dengan menekan pipi, khusus untuk mengetahui sinusitis yang menyerang daerah pipi.

* Jika Anda menderita alergi, lebih baik menghindarkan diri dari sumber penyebab alergi. Semisal menghindari mengonsumsi makanan dingin, jika alergi dingin. Jika alergi debu, sebaiknya tidak mengelap perabotan dengan bulu ayam, tapi gunakan lap basah. Jika merasa perlu menyapu, jangan segan menggunakan masker.

* Jaga kondisi badan agar daya tahan tubuh kuat, terutama bagi mereka yang menderita alergi. Karena jika daya tahan tubuh turun, akan membuat alergi bertambah parah.

* Makan teratur dengan gizi yang bagus. Jangan lupa mengonsumsi sumber vitamin C seperti buah-buahan untuk menjaga daya tahan tubuh.

* Yang paling penting adalah olahraga, karena hawa hangat akibat olahraga akan melonggarkan hidung.

* Hindari gigi berlubang. Kalau ada gigi berlubang, segera berobat ke dokter gigi. Atau diobati dulu sinusitisnya sebelum mengobati gigi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar