Kamis, 26 April 2012

Pedoman Utama PMR (Bab I : Pendahuluan)

Pedoman Palang Merah Remaja
SMA KEMALA BHAYANGKARI 3 PORONG

BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Palang Merah Indonesia berkomitmen untuk menyebarluaskan dan mendorong aplikasi secara konsisten Prinsip-Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, melaksanakan kesiapsiagaan di dalam penanggulangan bencana yang berbasis masyarakat, memberikan bantuan dalam bidang kesehatan yang berbasis masyarakat, berperan aktif dalam penanggulangan bahaya HIV/AIDS dan penyalagunaan NAPZA, serta menggerakkan generasi muda dan masyarakat dalam tugas-tugas kemanusiaan. Amanat ini menjadi tugas anggota remaja PMI, yang tercakup dalam Tri Bhakti PMR :
  1. Berbakti pada masyarakat
  2. Mempertinggi keterampilan serta memelihara kebersihan dan kesehatan
  3. Mempererat persahabatan nasional dan Internasional
Untuk dapat melaksanakan Tri Bhakti PMR yang berkualitas, maka diperlakukan anggota remaja PMI yang berkarakter kepalangmerahan yaitu mengetahui, memahami, dan berperilaku sesuai prinsip dasar gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah. Selain itu mereka juga berperan sebagai "peer educator" atau pelatih sebaya, yaitu yang dapat berbagi pengetahuan, keterampilan, dan sikap kepada teman sebayanya, sehingga terjadi peningkatan keterampilan hidup atau "life skill" untuk mendorong terjadinya perubahan perilaku positif pada remaja. Hal ini telah tercermin dalam kebijakan PMI dan Federasi bahwa:
  1. Remaja merupakan prioritas pembinaan, baik dalam keanggotaan maupun kegiatan Kepalangmerahan.
  2. PMR berperan penting dalam pengembangan kegiatan Kepalangmerahan.
  3. PMR calon pemimpin Palang Merah masa depan
  4. PMR adalah kader relawan
Oleh karenanya anggota remaja PMI, yang terhimpun dalam PMR, perlu dibina. Dalam pembinaan PMR, tentu saja diperlukan persamaan persepsi dan komitmen oleh semua unsur yaitu pengurus, pegawai, pembina PMR, pelatih PMI, serta pihak terkait dalam pembinaan remaja atau anggota PMR. Untuk itu diperlukan suatu Pedoman Pembinaan PMR, yang menggambarkan proses pembinaan anggota PMR dan semua unsur yang terlibat didalamnya, serta peran dan tanggung jawab masing-masing pihak. 

B. TUJUAN
Buku ini bertujuan sebagai pedoman pengurus PMR disemua tingkatan yang menangani segala bentuk kegiatan yang terkait dengan PMR serta instansi terkait, untuk melaksanakan pembinaan PMR. 

C. DASAR
  1. AD/ART PMI hasil Munas PMI XVIII tahun 2005
  2. Kebijakan IFRC tentang Remaja
  3. Kebijakan PMI tentang PMR
  4. Undang-undang Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  5. Perjanjian kerja sama PMI dengan Diknas RI tanggal 24 Mei 1995 No.118/U/95 dan No.0090 KEP/PP/V/95 tentang pembinaan dan pengembangan kepalangmerahan di sekolah
  6. Perjanjian kerja sama PMI dengan Depag RI tanggal 26 September 1995  No.459 tahun 1995 dan No. 0185-KEP/PP/IX/95 tentang pembinaan dan  pengembangan Kepalangmerahan di Madrasah.
D. PENGERTIAN   
1. Pedoman PMR
Adalah bagi pengurus PMR dalam pembinaan PMR mencakup : perekrutan, pelatihan, pengembangan individu, pengembangan organisasi, Tri Bakti PMR, pelaporan, monitoring, dan evaluasi. 

2. PMR
  • Anggota PMI terdiri dari anggota remaja, biasa, luar biasa, dan kehormatan  (AD Bab VI, Pasal 11)
  • Yang dapat diterima sebagai anggota remaja adalah mereka yang berusia 10-17 tahun atau mereka yang seusia sekolah lanjutan tingkat atas dan belum menikah (ART bab VI, Pasal 11, Ayat (1) )
  • Hak dan kewajiban anggota remaja dilaksanakan melalui wadah Palang Merah Remaja, disingkat PMR (ART Bab VI, Pasal 13, ayat (1) )
  • Ketentuan-ketentuan yang berkaitan dengan Palang Merah Remaja ditetapkan oleh Pengurus Pusat (ART bab VI, Pasal 13, Ayat (2) )
  • Anggota remaja mendaftarkan diri kepada unit Palang Merah Remaja di wilayah  domisili yang bersangkutan (ART bab VI, Pasal 15)
  • PMR adalah wadah pembinaan anggota remaja PMI
  • PMR berada di sekolah atau luar sekolah, dan disebut kelompok PMR. Tiap kelompok PMR terdiri dari minimal 10 orang.
  • Tingkatan dalam PMR: Mula, Madya. Wira
  • Kelompok PMR terdiri dari :
  1. Kelompok PMR berbasis sekolah, disebut kelompok PMR sekolah.
  2. Kelompok PMR berbasis masyarakat, disebut kelompok PMR luar sekolah.
  • Penjenjangan anggota PMR terdiri dari :
  1. Anggota Remaja PMI berusia 10-12 tahun/setingkat SD/MI/Sederajat dapat bergabung sebagai anggota PMR Mula
  2. Anggota Remaja PMI berusia 12-17 tahun/setingkat SMP/MTS/sederajat dapat bergabung sebagai anggota PMR Madya
  3. Anggota Remaja PMI berusia 15-17 tahun/setingkat SMU/SMK/MA/sederajat dapat bergabung sebagai anggota PMR wira
3. Penanggung jawab PMR
  • Penanggung jawab Kelompok PMR sekolah adalah Kepala Sekolah, yang  mengatur, memonitoring, dan mengevaluasi tugas Pembina PMR, dan Pelatih PMI di kelompok PMR tersebut
  • Penanggung jawab kelompok PMR Luar Sekolah adalah seseorang yang ditunjuk oleh PMI Cabang/Ranting, yang mengatur, memonitor, dan mengevaluasi tugas Pembina PMR, dan Pelatih PMI di kelompok PMR tersebut
  • Penanggung Jawab PMR, secara fungsional adalah anggota Tenaga Sukarela (TSR) PMI Cabang
4. Pembina PMR
  • Wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, atau guru yang ditunjuk oleh sekolah untuk melakukan pembinaan kelompok dan anggota PMR di sekolah yang bersangkutan
  • Seseorang yang ditunjuk oleh PMI Cabang / Ranting untuk melakukan pembinaan  kelompok dan anggota PMR luar sekolah
  • Pembinaan PMR secara fungsional adalah anggota Tenaga Sukarela PMI Cabang
5. Pelatih PMI
Pelatih adalah individu (Pengurus/staff/relawan) yang memenuhi kualifikasi pelatih sesuai dengan Pedoman Pelatih PMI. Lihat pedoman pelatih dan pelatihan

6. Instansi terkait
Pihak-pihak baik pemerintah, swasta, ataupun organisasi non pemerintah yang secara aktif mendukung pembinaan dan pengembangan PMR, a.I. departemen sosial, komite sekolah, UNICEF, UNFPA

7. Pembinaan PMR
  • Upaya yang dilakukan untuk mengembangkan PMR, mencakup: perekrutan,  pelatihan, pengembangan individu, pengembangan organisasi, Tri Bhakti PMR, pelaporan, monitoring, dan evaluasi
  • Pembinaan PMR diarahkan pada pengembangan karakter kepalangmerahan
  • Pengembangan karakter kepalangmerahan yaitu mengarahkan anggota PMR agar  mengetahui, memahami, dan berperilaku sesuai prinsip dasar gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah.
  • dPembinaan berbasis pengembangan karakter dilaksanakan dengan pendekatan Keterampilan Hidup, yaitu proses pembinaan interaktif yang bertujuan untuk memaksimalkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap (PKS) anggota PMR sehingga terjadi perubahan positif. Kemudian anggota PMR juga dapat berperan sebagai "peer educator" atau pelatih sebaya, yaitu yang dapat berbagi PKS kepada teman sebaya sehingga mendorong terjadinya perubahan perilaku positif pada remaja. Dengan demikian anggota PMR tidak hanya sebagai obyek, tetapi juga subyek yang terlibat aktif dalam siklus pembinaan PMR.
8. Orientasi
  • Orientasi kepalangmerahan adalah proses pengenalan Gerakan Palang Merah/Bulan Sabit Merah dan PMI
  • Orientasi kepalangmerahan diperuntukan bagi setiap anggota PMI, termasuk anggota PMR dan Pembinaan PMR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar