Minggu, 28 April 2013

Kelola Konflik Organisasi Secara Efektif

Konflik Dalam Suatu Organisasi Harus Dikelola Secara Efektif


Permasalahan yang terjadi dalam suatu organisasi yang sering terjadi, menyebabkan konflik terjadi didalam organisasi tersebut, jelas saja, dikarenakan setiap orang yang terlibat didalam konflik tersebut mempunyai pendapat masing-masing yang bertujuan untuk kebaikan organisasi, apakah dalam konflik tersebut perang urat syaraf sering terjadi ? Tentu saja, seperti yang sering kita lihat ditelevisi, para anggota dewan, mereka orang-orang pintar pun sering melakukan itu.
 
Apabila kita membiarkan konflik terjadi seperti itu, tentu saja hal-hal yang berdampak negative akan terjadi, seperti masalah yang tidak akan terpecahkan, dan juga emosional atau dendam pribadi yang tak terelakkan.
Untuk itu, konflik harus dikelola secara efektif, diantaranya dengan cara sebagai berikut :
  1. Ciptakan sistem dan pelaksanaan komunikasi yang efektif.
  2. Cegahlah konflik yang destruktif sebelum terjadi.
  3. Tetapkan peraturan dan prosedur yang baku menyangkut hak anggota/pengurus.
  4. Atasan mempunyai peranan penting dalam menyelesaikan konflik yang muncul.
  5. Ciptakanlah iklim dan suasana kerja yang harmonis.
  6. Bentuklah team work dan kerja-sama yang baik antar kelompok/ unit kerja.
  7. Bina dan kembangkan rasa solidaritas, toleransi, dan saling pengertian antar eselon.
Namun, terselesaikannya konflik itu tidak bergantung pada pengelolaan yang efektif saja, kembali kepada pribadi masing-masing yang berkonflik untuk lebih terbuka dan bersedia menyelesaikan konflik tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar