Rabu, 01 Agustus 2012

Efek Samping di Balik Suplemen Sehat

Banyak orang menggunakan suplemen untuk memberikan dorongan energi, menambah memori, dan membantu tidur saat malam hari. Tapi sayangnya, penjualan suplemen di pasaran tidak diatur oleh FDA, sehingga para produsen tidak pernah mecantumkan efek samping dari suplemen tersebut.

Menurut Sophian DeMonte RPH, seorang apoteker Costco, juru bicara APhA mengatakan bahwa setiap suplemen yang dikonsumsi dapat menimbulkan beberapa gejala yang tak terduga. Seperti tiga suplemen di bawah ini.

Minyak ikan
Manfaat: Meningkatkan kesehatan jantung dan menurangi resiko kanker.
Efek samping: Mulas, bersendawa dan diare

Tablet minyak ikan adalah cara terbaik meningkatkan asupan omega-3, namun dapat menyebabkan masalah lambung, nyeri ulu hati dan sandawa dengan after taste bau amis. Menelannya di tengah-tengah bersantap akan membuat suplemen ini mudah bercampur dengan makanan, sehingga memperbaiki pencernaan dan mengurangi rasa amis saat bersendawa.

Ginko biloba
Manfaat : meningkatkan memori
Efek samping: sakit kepala, mual, dan gangguan gastologikal, serta pendarahan

Suplemen jenis sempat mendaptkan popularitas beberapa tahun lalu karena khasiatnya yang dapat tingkatkan memori. Tak hanya itu, menurut penelitian, suplemen ini juga dapat mengencerkan darah. Sehingga akan berbahaya jika dikonsumsi oleh orang yang usai melakukan operasi.  Anda juga harus berhati saat konsumsi biji gingko, karena biji gingko mentah mengandung banyak racun yang mematikan.

Ginseng
Manfaat : meningkatkan energi
Efek samping: tekanan darah meningkat

Gingseng berasal dari akar tanaman berbuang. Seperti gingko biloba, tanaman ini sempat menjadi populer dan pilihan , untuk hidup sehat.
“Gingseng dapat mempengaruhi reseptor hormone di otak dengan merangsang sekresi hormone adrenal sehingga berpengaruh pada peningkatan energi” jelas DeMonte.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar