Minggu, 06 September 2009

Perilaku Berisiko

APAKAH  PERILAKU  ITU ?
Perilaku ialah keseluruhan tindakan manusia, yang didasari atas pengetahuan (atau ketidaktahuan), sikap dan tindakan.

BAGAIMANA SUATU PERILAKU DIKATAKAN BERISIKO ?
Di antara berbagai perilaku, beberapa perilaku dinyatakan BERISIKO, dalam arti apabila dilakukan akan berpeluang untuk menimbulkan kerugian. Peluang tidak berarti bahwa pasti terjadi. Sekarang maupun di masa yang akan datang. Terhadap diri sendiri maupun terhadap orang lain. Kerugian dapat berupa kerugian material, fisik, harga diri, rasa malu, kehilangan kesempatan, kehilangan masa depan, dan seterusnya.

JELASKAN CONTOH-CONTOH PERILAKU YANG BERISIKO  NEGATIF !
Beberapa perilaku seksual memiliki peluang yang sangat tinggi untuk menimbulkan berbagai kerugian pada kedua pihak yang terlibat dalam kegiatan seksual tersebut. Antara lain ialah senggama tidak aman: senggama sebelum nikah, senggama ganti-ganti pasangan, senggama dubur atau mulut, dan berbagai senggama yang tidak norma.  Masturbasi sebagai jalan ke luar sementara, bisa saja tidak berisiko, atau resikonya tidak jelas. Mansturbasi menjadi berisiko bila dilakukan terlalu sering dan timbul ketergantungan. Kondom yang dipakai secara sah bermanfaat, dan bila dipergunakan oleh pasangan tidak sah menurunkan risiko akibat senggama, walau secara norma dan agama tetap keliru.

APA PERAN KITA SEBAGAI PELATIH REMAJA SEBAYA DALAM MEMBANTU REMAJA SEBAYA LAIN AGAR TERHINDAR DARI BERBAGAI  PERILAKU BERISIKO ?
Remaja perlu mengenal dengan baik berbagai perilaku berisiko, dan berusaha keras menghindarinya. Dalam kaitan dengan perilaku seksual, remaja perlu sangat berhati-hati agar tidak tergelincir ke dalam perilaku berisiko dan menerima akibat yang amat merugikan. Untuk hal-hal yang risikonya tidak jelas setidaknya ditanyakan kepada para pakar terkait.  Saling mengingatkan tentang risiko di antara remaja akan sangat membantu remaja dalam menghindari berbagai risiko yang akan mengganggu masa depan masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar