Jumat, 25 Mei 2012

Pentingnya Komunikasi dan Kerjasama Dalam Sebuah Organisasi

Download disini (Renungan Bahasa Angsa)
Salam PMR SMABHATIG sekalian marilah kita sejenak berfikir mengapa banyak sekali orang berpendapat bahwa sebuah organisasi itu tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya sebuah komunikasi dan kerjasama yang baik diantara pengurus dan anggota ?? Jika boleh perkenankanlah saya untuk sedikit memberikan jawaban atas pertanyan diatas hehehe.

Sebelumnya mari kita fahami terlebih dahulu makna dari sebuah organisasi itu sendiri. Organisasi jika diartikan secara umum merupakan sekumpulan individu atau kelompok yang mempunyai tujuan bersama serta mempunyai system didalamnya guna mempermudah pencapaian tujuan yang telah ditargetkan. Jika kita fahami pengertian dari organisasi tersebut telah diketahui didalamnya banyak sekali orang atau individu yang mempunyai tujuan yang sama namun demikian mereka mempunyai latar belakang dan pemikiran yang berbeda-beda. Nah.. terus dimana letak pentingnya sebuah komunikasi dan kerjasama?

Komunikasi adalah proses pemindahan pengertian dalam bentuk ide-ide atau gagasan atau informasi dari seseorang ( Komunikator ) kepada orang lain ( Komunikan ). Perpindahan pengertian tersebut tidak hanya melibatkan lebih dari sekedar kata-kata yang digunakan dalam percakapan, tetapi juga ekspresi wajah, intonasi, titik putus vokal dan sebagainya. Sedangkan Pengertain kerjasama adalah proses untuk melakukan sesuatu yang mencakup beberapa hal serta unsur-unsur tertentu anatara lain:
  1. Adanya tujuan yang sudah ditetapkan bersama atau tujuan sesuai dengan peraturan.
  2. Adanya pengaturan/pembagian tugas yang jelas.
  3. Dalam bekerja saling menolong antara satu fihak dengan fihak yang lain.
  4. Dapat saling memasukkan manfaat.
  5. Adanya koordinasi yang baik.
Bukan kerjasama tetapi akan disebut “sama-sama kerja”, jika :
  1. Masing-masing fihak mempunyai tujuan sendiri-sendiri.
  2. Tanpa adanya pengaturan/pembagian tugas.
  3. Tidak saling memperhatikan dan menolong fihak lain.
  4. Manfa’at tidak dirasakan oleh semua anggota.
Meskipun kegiatannya ada dalam satu wadah atau satu tempat dan nampaknya apa yang dikerjakan menuju satu tujuan, tetapi kalau prosesnya mempunyai kondisi seperti disebutkan diatas, itu namanya “sama-sama kerja”.

Antara komunikasi dan kerjasama tidak dapat berjalan sendiri-sendiri melainkan dua hal ini dapat menjadikan sebuah organisasi yang baik dan benar tatkala komunikasi dan kerjasama dapat berjalan secara bersamaan. Dalam organisasi terdapat sebuah komunikasi yang harus dibangun antara anggota satu dengan anggota yang lain. Dengan adanya komunikasi yang baik di sebuah organisasi menjadikan semua pelaku organisasi tersebut dapat menjalankan tugas organisasi dengan lancar dan ringan karena dengan komunikasi kita bisa memperoleh hal-hal yang sangat membantu kita dalam melakukan tugas-tugas organisasi tersebut. Selain itu komikasi juga sangat mempengaruhi perjalanan sebuah organisasi, semakin baik komunikasi dibangun maka semakin kokoh organisasi tersebut.

Sedangkan fungsi dari sebuah kerjasama didalam orgnisasi juga merupakan hal yan sangat penting. Dengan kerjasama tugas-tugas organisasi yang di emban oleh masing-masing pengurus dapat menjadi ringan dan cepat selesai dengan target yan telah diprogramkan sebelumnya. Kerjasama juga dapat merangsang semangat para pengurus dan anggota organisasi dalam acara-acara tertentu. 

Oke sahabat PMR, sampai disini kiranya sudah sangat jelas bahwa antara komunikasi dan kerjasama merupakan satu kesatuan yang rentan untuk dipisahkan. Maka dari itu, kita sebagai pelaku organisasi, marilah kita selalu berupaya untuk membangun kerjasama dan komunikasi yang baik dalam sebuah organisasi kita tercinta yaitu PMR SMABHATIG. Kita harus yakin bahwa kita sebagai PMR WIRA  mampu menjadi ujung tombak kader-kader PMR WIRA dan mampu melanjutkan perjuangan para pendahulu (alumni PMR). Amin.

1 komentar:

  1. hah??? ya ampunn.... blognya bagus banget..... kerennn beneran..... wuiihhh.... artikelnya juga bermanfaat.....
    blog kaya gini yang aku carii....
    kerennnn......
    happy blogging yah.....................

    BalasHapus