Sabtu, 21 Juli 2012

Agar Tak Terjebak Serangan Fatal Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi termasuk silent killer, penyakit yang diam-diam membunuh. Tanpa gejala dan keluhan serius, gangguan tekanan darah tinggi ini rentan berkembang memicu penyakit jantung, gagal ginjal, dan stroke.

Meski kerap muncul tanpa gejala atau penanda khas sebagai peringatan dini, tekanan darah tinggi bisa dicegah. Caranya, dengan memperbaiki gaya hidup sehat dan mengatasi faktor risiko yang menjadi pemicu.

WebMD
memberi panduan agar tak terjebak serangan fatal akibat hipertensi.

Berat badan ideal 
Upayakan memiliki badan ideal dengan mengatur pola makan. Kurangi konsumsi makanan tinggi garam dan tinggi lemak, serta memperbanyak konsumsi buah dan sayur

Olahraga 
Kita semua paham bahwa olahraga adalah bagian gaya hidup sehat. Selain menjaga kebugaran fisik, olaharaga juga menjadi sarana untuk meredam stres dan emosi berlebih.

Gaya hidup sehat 
Hentikan kebiasaan buruk seperti merokok dan konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan.

Periksa tekanan darah
Lakukan secara berkala minimal setiap dua tahun bagi Anda yang belum terdiagnosis mengalami hipertensi. Setiap tahun untuk Anda yang masuk prahipertensi. Dan, lebih sering untuk Anda yang sudah positif mengalaminya. Bila diperlukan, konsumsi obat-obatan penurunan tekanan darah secara teratur.

Kenali batas normal 
Perlu meningkatkan kewaspadaan saat angka tekanan darah lebih dari 120/80 mmHg karena memperbesar risiko terserang penyakit yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi.

Normal: < 120/80 mmHg
Prahipertensi: 120-139/80-89 mmHg
Hipertensi stadium 1: 140-159/90-99 mmHg
Hipertensi stadium 2: > 160/100

Tidak ada komentar:

Posting Komentar