Selasa, 24 Juli 2012

Lima Trik Simpel Lawan Kolesterol Jahat

Kolesterol merupakan senyawa kimia yang terdiri atas kombinasi lipid atau lemak, dan steroid. Selain diproduksi tubuh secara alami, kolesterol juga bisa didapat dari asupan makanan.

Yang harus kita perangi adalah low density lipoprotein (LDL), kolesterol jahat yang dapat memicu penyumbatan dan memblokir aliran darah menuju otak. Kadar LDL dalam darah yang berlebih meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Selain melakukan tes darah secara berkala, kontrol kolesterol jahat dengan konsumsi makanan tepat. Sejumlah makanan berikut dapat membantu meluruhkan kadar kolesterol jahat dalam darah, seperti dikutip Fox News.

Jus tomat 
Cobalah konsumsi satu gelas jus tomat dan dua sendok makan saus tomat setiap hari selama tiga minggu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Cara ini terbukti menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh sekitar 8,5 persen, menurut studi dalam British Journal of Nutrition.

Daging sapi tanpa lemak 
Berdasar studi terbaru yang dipublikasikan American Journal of Clinical Nutrition, konsumsi daging sapi tanpa lemak 4-5 ons sehari mampu menurunkan kadar kolesterol jahat sampai 10 persen. Tentu ini dengan diimbangi pola diet sehat.

Protein kedelai 
Sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan di Journal of Clinical Lipidology menemukan bahwa protein kedelai lebih efektif menurunkan kadar kolesterol jahat daripada protein susu. Studi pada 2010 juga menemukan bahwa konsumsi kedelai membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh sampai 8-10 persen.

Kacang almond 
Cukup konsumsi segenggam kacang almon. Tak hanya membantu menurunkan kadar kolesterol, tapi juga mencukupi kebutuhan Vitamin E dalam tubuh, menurut sebuah studi yang dipublikasikan Journal of American Dietetic Association.

Kacang pistachio 
Tak hanya mampu menstabilkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, pistachio juga kaya kandungan antioksidan yang biasa ditemukan dalam buah dan sayur berwarna cerah, menurut peneliti di Penn State.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar