Senin, 02 Juli 2012

Presiden dan Wakil Presiden Baru ICRC

Peter Maurer, Presiden baru ICRC, mulai menjabat terhitung sejak tanggal 1 Juli 2012 kemarin. Maurer menggantikan Jakob Kellenberger, yang sudah memimpin ICRC sejak Januari 2000 sampai Juni 2012.

ICRC dipimpin oleh seorang presiden dan dua wakil presiden. Tugas utama seorang Presiden ICRC terkait hubungan ICRC dengan pihak luar, mewakili ICRC di kancah internasional dan bersama Direktorat Jenderal menangani diplomasi kemanusiaan ICRC. Sedangkan pada tingkat internal, presiden mengurusi soliditas internal, kelancaran operasional, dan pengembangan ICRC.

Profil Presiden ICRC
Peter Maurer, Presiden ICRC
Peter Maurer lahir di kotaThoune, Swiss, pada tahun 1956. Beliau kuliah di jurusan Sejarah dan Hukum Internasional di Berne, di mana beliau mendapatkan gelar doktor (Ph.D.). Pada tahun 1987, Peter Maurer masuk dinas diplomatik Swiss dan menduduki beberapa posisi di Berne dan Pretoria sebelum dipindahkan ke New York di tahun 1996 sebagai Wakil Pengamat Tetap misi Swiss untuk PBB. Tahun 2000, beliau diangkat sebagai Duta Besar dan Kepala Divisi yang bertanggung jawab atas Keamanan Manusia (human security) di Kantor Pusat Kementerian Luar Negeri Swiss diBerne.

Pada tahun 2004 Peter Maurer diangkat sebagai Duta Besar dan Perwakilan Tetap Swiss untuk PBB di New York. Ketika menjabat posisi tersebut, beliau berupaya mengintegrasikan Swiss ke berbagai jejaring multilateral, yang mana pada saat itu Swiss baru saja bergabung menjadi salah satu Negara anggota PBB. Pada bulan Juni 2009 lalu, Majelis Umum memilih Peter Maurer sebagai ketua Komite Kelima yang bertanggung jawab atas urusan administrasi dan anggaran PBB. Selain itu, beliau juga terpilih menjadi ketua Burundi Configuration Komisi Penciptaan Perdamaian PBB. Pada bulan Januari 2010, Peter Maurer diangkat menjadi Sekretaris Negara urusan luar negeri Swiss.

Peter Maurer sudah menikah dan dikaruniai dua anak.

Wakil Presiden Tetap ICRC
Christine Beerli, Wakil Presiden Tetap ICRC
Christine Beerli lahir tahun 1953. Anggota firma hukum diBiel, Beerli mengawali karir politiknya di dewankota, mulai tahun 1980 hingga 1983. Pada tahun 1986 – 1991, beliau menjadi anggota majelis legislatif dari Bern.

Di tahun 1991, Christine Beerli terpilih menjadi anggota majelis tinggi parlemen Swiss hingga 2003, menjadi ketua komite urusan luar negeri (1998-1999) dan komite keamanan sosial dan kesehatan (2000-2001). Beerli memimpin kaukus fraksi Partai Free Democratic di majelis federal Swiss dari 1996 sampai 2003. Beliau juga bertugas di komite yang berhubungan dengan kebijakan keamanan dan urusan ekonomi dan hukum. Beerli pensiun dari dunia politik pada tahun 2003. Sejak 1 Januari 2006, beliau memimpin Swissmedic, sebuah lembaga pengawas Swiss untuk produk-produk terapeutik. Beerli juga mantan direktur Jurusan Teknik dan Teknologi dan Informasi di Bern University of Applied Sciences.

Wakil Presiden
Olivier Vodoz, Wakil Presiden ICRC
Olivier Vodoz lahir pada tahun 1943. Beliau adalah seorang pengacara dan anggota dewan direksi Union Bancaire Privée, sebuah bank investasi swasta di Jenewa. Olivier juga salah satu anggota dewan direksi perusahaan asuransi Swiss Helvetia Patria dan Heritage Bank & Trust Jenewa. Olivier Vodoz adalah anggota senior yayasan untuk fakultas teologi di University of Geneva dan aktif di berbagai yayasan budaya dan kemanusiaan lainnya.

Olivier Vodoz masuk ke ICRC pada tahun 1998. Beliau bekerja di Komite Audit dan Komisi Rekrutmen ICRC. Selain itu Olivier juga menjadi kepala di Empress Shôken Fund. Sejak 1 Januari 2006, beliau menjabat sebagai wakil presiden ICRC, tugas yang beliau emban selain tugas-tugas profesionalnya.

Olivier Vodoz adalah mantan presiden Partai Liberal Jenewa. Dari tahun 1977 sampai 1989, beliau menjadi anggota Parlemen Kanton Jenewa, dan antara 1989 – 1997, beliau menjadi anggota Mejelis Negara dari Kantonnya. Selain itu, juga menjadi anggota majelis pengawasan Praktek Psikiatri dan pernah memimpin Komisi Pengawasan Tingkah Laku Kepolisian Jenewa. 

Olivier Vodoz menikah dengan Martine Vodoz-Joris dan mereka memiliki dua anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar